Kumpulan tips - tips seputar Teknologi Informasi.

Minggu, 25 Mei 2014

Tips aman berinternet via Hotspot / Wifi Public

Dijaman yang serba internet ini sangat mudah sekali ditemui Hotspot area dimana kita bisa mengkoneksikan handphone / laptop kita ke wifi yang disediakan dengan gratis, namun sadarkah anda bahwa bahaya kejahatan cyber sedang mengancam anda? mungkin tidak semua wifi / hotspot area di "mata-matai" namun tak ada salahnya bukan jika kita mengantisipasi sebelumnya? berikut ini beberapa tips aman berinternetan melalui hotspot / wifi area :

Install firewall.

Firewall dapat melindungi laptop anda dengan mencegah penjahat cyber untuk mengkakses informasi pribadi anda melalui internet atau jaringan wifi yang disediakan. Pada dasarnya semua sistem operasi Windows memiliki firewall yang secara default diaktifkan, namun jika anda menggunakan tablet Android / Ipad lebih baik anda menginstall firewall melalui playstore terlebih dahulu.

Informasi pribadi.

Sebisa mungkin saya sarankan anda untuk jangan pernah menulis / menginputkan data penting seperti nomor kartu kredit, email, atau bahkan kata kunci jika dirasa jaringan wifi yang anda gunakan tidak aman / belum pernah anda gunakan sebelumnya.

Matikan wifi jika tidak digunakan.

Jika anda tidak sedang menjelajahi internet, tapi tetap memakai komputer di area hotspot, lebih baik anda menonaktifkan modul wifi pada perangkat komputer / smartphone anda, hal ini untuk menghindari pencurian data sensitif pada chace web browser anda. Secara default perangkat komputer / smartphone memiliki tombol khusus untuk mengaktifkan atau menonaktifkan modul wifi.

Itu tadi beberapa tips sederhana agar anda "merasa" aman saat berinternetan menggunakan jaringan wifi / hotspot publik misalnya di hotel, rumah makan, alun-alun, tempat nongkrong, dan lain-lain. Semoga bermanfaat..

Tips aman berinternet via Hotspot / Wifi Public Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Ariyanto