Kumpulan tips - tips seputar Teknologi Informasi.

Kamis, 17 Maret 2016

Linux Lite - Ubuntu Paling Hemat Baterai untuk Laptop / Netbook Asus X201E

Sekian lama pakai laptop (Asus X201E) kesayangan baru sadar kalau ternyata ada hal yang tidak saya sadari dari awal, terutama soal daya tahan baterai. Jadi sebenarnya di luar negeri laptop ini dijual dengan paket linux ubuntu 12.04, namun sejak pertama saya beli kondisinya sudah terinstall windows 8, tanpa tunggu ini itu langsung saya install Linux. Dari sinilah awal ketidak pahaman saya akan kemampuan daya tahan baterai Asus x201e ini yang ternyata mampu bertahan lebih dari 3 jam setelah migrasi ke Linux Lite!! sedangkan selama ini (pakai Elementary OS freya) hanya mampu bertahan sekitar 2 jam saja.

Tampilan desktop Linux Lite menggunakan XFCE (klik untuk memperbesar)
Saya memang sudah lama jatuh hati dengan sistem operasi ini (baca: Linux) meskipun baru bisa benar - benar full migrasi ke linux sekitar 2 tahun ini pada komputer pribadi. Awal kenal linux sekitar tahun 2010an kala itu banyak sekali belajar sama Sucipto yang kebetulan menulis blog tentang linux. Sudah puluhan kali gonta - ganti distro linux, bermacam - macam pula pengalaman seru sekaligus menggelikan selama bersama linux. Iki opotoh
OS Linux paling irit baterai untuk laptop Asus x201e
Nganu, jadi ini sebenarnya hanya tulisan ringan saja sekedar berbagi informasi tentang Sistem Operasi Linux yang recomended di install pada netbook Asus X201E. Yap, Linux Lite saya nobatkan sebagai distro linux terbaik untuk Asus X201E saat ini. Salah satu poin penting yang membuat saya menobatkan Linux Lite sebagai yang terbaik untuk laptop ini adalah soal durabilitas baterai yang terbilang 40% lebih irit daripada menggunakan Elementary OS & Ubuntu 12.04.
Saya memang tidak mencoba OS diluar keluarga Debian karena sejak awal saya sudah terlanjur familiar dengan anak cucunya debian.
Berikut ini perbedaan cukup signifikan yang saya rasakan :
  1. Panas berlebih sering terjadi saat bersama Elementary OS, namun suhu badan si X201E cenderung lebih stabil saat bersama Linux Lite.
  2. Lag berkurang, penggunaan RAM dalam kondisi standby tak lebih dari 500Mb dari total 4Gb RAM yang disematkan.
  3. Dan yang terakhir adalah ketahanan baterai yang naik signifikan dari +-2jam menjadi +-3jam, salah satu alasan terkuat saya karena laptop sering dibawa keluar kota.
Jadi, sebenarnya baterai laptop ini memang memiliki kapasitas yang cukup untuk bisa bertahan hidup selama 4jam, namun saya tidak menyadarinya sejak menggunakan Elementary OS (saya tidak mencoba saat bersama windows) saya kira 2 jam adalah waktu yang normal untuk sebuah laptop dapat menyala dengan baterai, ternyata jamannya sudah beda :D terlalu lama bersama komputer desktop ini :D
Linux Lite 2.6 based on Ubuntu 14.04 LTS
Udah gitu aja, kali aja kamu adalah pemakai Asus X201E juga, bisa di coba tuh Linux Lite :D

Pranala luar :
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux
https://www.linuxliteos.com
https://elementary.io
https://www.asus.com/id/Notebooks/X201E/

Linux Lite - Ubuntu Paling Hemat Baterai untuk Laptop / Netbook Asus X201E Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dian Ariyanto

2 komentar:

  1. wah keren, makasih atas tulisannya.. kebetulan saya sedang mencari distro linux yang irit batre, dan kebetulan juga saya sekarang pemakai ASUS X201EV dengan distro Elementary OS, kok bisa ya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti, kalau os nya ringan, prosesor dan perangkat pendukungnya tidak terlalu bekerja keras :D cmiiw

      Hapus